Cara Setting Port RDP dan Jenisnya

You are currently viewing Cara Setting Port RDP dan Jenisnya
  • Post category:Tekno / Tutorial
  • Post last modified:25 Januari 2023

Yuki.ac.id РRDP adalah singkatan dari Remote Desktop Protocol, yaitu protokol yang digunakan untuk mengakses desktop atau layar komputer dari jarak jauh. Ini biasanya digunakan oleh administrator sistem atau teknisi dukungan untuk mengakses komputer klien dari jarak jauh dan memecahkan masalah atau mengelola perangkat. RDP dapat digunakan pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows, MacOS, dan Linux. Kita bisa mengganti Port Remote Desktop Protokol ini.

Apa itu RDP Server

RDP Server adalah komputer atau server yang dikonfigurasi untuk menerima koneksi Remote Desktop Protocol (RDP) dari komputer klien. RDP Server menjalankan Remote Desktop Services, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses desktop atau layar komputer dari jarak jauh. Ini bisa digunakan oleh administrator sistem atau teknisi dukungan untuk mengakses komputer klien dari jarak jauh dan memecahkan masalah atau mengelola perangkat. RDP Server dapat digunakan pada berbagai sistem operasi, termasuk Windows, MacOS, dan Linux.

RDP Default Port

Port 3389 adalah port default yang digunakan oleh Remote Desktop Protocol (RDP) untuk mengakses desktop atau layar komputer dari jarak jauh. RDP menggunakan port ini untuk menjalankan koneksi antara komputer yang digunakan untuk mengakses komputer lain (klien) dan komputer yang dikontrol (server). Jika port ini digunakan oleh aplikasi lain atau di blok oleh firewall maka RDP tidak akan bisa dijalankan.

Artikel Terkait:
Membuat Chat Bot WhatsApp Dengan Python

Port Remote Desktop

Port default untuk Remote Desktop Protocol (RDP) adalah TCP port 3389. Namun, port ini dapat diubah sesuai kebutuhan, seperti untuk meningkatkan keamanan atau untuk menghindari konflik dengan aplikasi lain yang menggunakan port yang sama. Namun, perubahan port harus diatur kembali pada kedua sisi klien dan server agar RDP dapat bekerja dengan baik.

Cara Mengganti Port di RDP

Untuk mengganti port Remote Desktop Protocol, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Registry Editor dengan mengetik “regedit” pada Start Menu atau Run.
  2. Navigasikan ke
    HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Control\Terminal Server\WinStations\RDP-Tcp
  3. Klik kanan pada “PortNumber” dan pilih “Modify”.
  4. Masukkan port baru yang ingin digunakan dalam format hexadecimal (misalnya, 3389 menjadi 0xD3D).
  5. Klik OK.
  6. Restart komputer Anda.
  7. Pastikan port baru yang Anda gunakan tidak digunakan oleh aplikasi lain.
  8. Buka windows firewall, masuk ke advance setting, dan tambahkan rule baru untuk port yang baru anda gunakan.

Jika menggunakan Windows, bisa lihat di pusat bantuan Windows.

Sekarang Anda dapat menggunakan port baru untuk mengakses Remote Desktop Ports pada komputer Anda.

Jenis-jenis Port RDP

Port Remote Desktop Protocol adalah sebuah port yang digunakan untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Port standar untuk RDP adalah TCP port 3389. Namun, Anda dapat menggunakan port lain jika Anda ingin mengubah port standar.

Artikel Terkait:
Cara Membuat Gulali Colek (Resep)

Beberapa jenis Port Remote Dekstop yang dapat digunakan adalah:

  1. Port 3389: Ini adalah port standar untuk RDP. Banyak firewall dan router yang dikonfigurasi secara default untuk membiarkan lalu lintas melalui port ini.
  2. Port 443: Ini adalah port yang digunakan untuk HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Port ini sering digunakan jika Anda ingin mengakses RDP dari luar jaringan perusahaan Anda.
  3. Port 80: Ini adalah port yang digunakan untuk HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Port ini sering digunakan jika Anda ingin mengakses RDP dari luar jaringan perusahaan Anda.
  4. Port 22: Ini adalah port yang digunakan untuk SSH (Secure Shell). Port ini sering digunakan jika Anda ingin mengakses RDP dari luar jaringan perusahaan Anda.
  5. Port 4125: Ini adalah port yang digunakan oleh beberapa software remote, termasuk Remote Utilities.

Semua port yang disebutkan di atas dapat digunakan untuk RDP, namun sebaiknya menggunakan port yang tidak digunakan oleh aplikasi lain dan terdaftar pada firewall.

Apakah Bisa Custom Port Remote Desktop

Ya, Anda dapat menggunakan port custom (atau port yang tidak standar) untuk RDP (Remote Desktop Protocol). Ini dapat dilakukan dengan mengubah konfigurasi server RDP atau dengan mengubah pengaturan firewall.

Artikel Terkait:
Apa itu VPN? Kegunaan dan Cara Kerjanya

Untuk mengubah konfigurasi server RDP, Anda dapat mengikuti langkah-langkah seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Anda dapat menggunakan Registry Editor untuk mengubah port yang digunakan.

Jika Anda ingin mengubah pengaturan firewall, Anda dapat menambahkan regel baru yang memungkinkan lalu lintas melalui port custom yang Anda pilih.

Untuk mengubah port dari luar jaringan Anda harus mengubah firewall atau NAT router, jika tidak maka tidak dapat diakses dari luar jaringan.

Sebagai catatan, menggunakan port custom dapat menyulitkan dalam mengakses RDP karena port tersebut mungkin tidak dikenal oleh firewall atau router, sehingga Anda harus menambahkan regel khusus untuk port tersebut. Namun, menggunakan port custom dapat meningkatkan keamanannya karena karena serangan yang ditujukan pada RDP biasanya dilakukan pada port standar.

Penyedia RDP

Beberapa penyedia layanan RDP (Remote Desktop Protocol) yang dapat digunakan adalah:

  1. Microsoft Remote Desktop
  2. TeamViewer
  3. Chrome Remote Desktop
  4. AnyDesk
  5. Splashtop
  6. VNC Connect

Semua aplikasi ini memiliki fitur yang berbeda-beda, jadi Anda perlu mengevaluasi kebutuhan Anda dan membandingkan fitur yang ditawarkan sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu dari penyedia layanan RDP tersebut.