Cara Menghafal Perkalian di Luar Kepala

You are currently viewing Cara Menghafal Perkalian di Luar Kepala
  • Post category:Akademi
  • Post last modified:12 Februari 2023

Yuki.ac.id Cara Menghafal Perkalian di Luar Kepala РPerkalian adalah salah satu materi matematika yang wajib dikuasai oleh anak sekolah. Namun, seringkali anak merasa kesulitan dan bosan saat harus belajar perkalian dengan cara tradisional, seperti menghafal rumus dan tabel perkalian. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghafal perkalian dengan mudah dan menyenangkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara menghafal perkalian di luar kepala dengan teknik dan strategi yang efektif.

I. Teknik Menghafal Perkalian

Teknik menghafal perkalian adalah seperangkat metode dan strategi yang digunakan untuk membantu individu menghafal dan memahami perkalian dengan lebih baik.

Tujuan dari teknik ini adalah untuk mempermudah proses belajar dan meningkatkan kemampuan menghafal perkalian.

Beberapa teknik yang dapat digunakan antara lain:

  • Berlatih menggunakan acuan angka
  • Menggunakan imagination dan visualisasi
  • Berlatih mengerjakan soal secara visual
  • Berlatih mengerjakan soal dengan cepat.

Teknik ini bisa diterapkan pada anak-anak maupun orang dewasa dan bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu. Untuk lebih jelasnya simak uraian berikut:

A. Membiasakan Diri dengan Tabligh Perkalian

Pertama, kamu bisa membiasakan diri dengan tabligh perkalian. Tabligh ini seperti buku catatan yang berisi tabel perkalian. Kamu bisa mencetak tabligh ini dan membawanya ke mana-mana. Setiap kali ada waktu luang, coba pelajari tabel-tabel yang masih belum kamu hafal.

Lebih lanjut, cobalah mempraktekan perkalian dari tabel tersebut dengan menggunakan jari atau menuliskannya pada buku catatan. Pada awalnya, mungkin akan terasa sulit dan membosankan, tetapi lama-kelamaan akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Selain itu, cobalah membuat permainan dari tabligh perkalian tersebut. Misalnya, membuat permainan “tembak menembak” dengan teman, di mana kamu dan teman bertanya jawab soal perkalian. Atau, membuat permainan memasukkan angka dalam tabel perkalian yang benar, secepat mungkin.

Dengan membiasakan diri dengan tabligh perkalian dan membuat permainan dari tabligh tersebut, kamu bisa belajar menghafal perkalian dengan lebih mudah dan menyenangkan. Jangan lupa untuk berlatih secara rutin agar hasilnya maksimal.

Artikel Terkait:
Cara Menghitung Diskon Harga Saat Belanja

B. Menggunakan Acuan Angka

Kedua, kamu bisa menggunakan acuan angka untuk membantu mengingat perkalian. Misalnya, angka 11 selalu dikalikan dengan angka 11 hasilnya 121. Kamu bisa mencari beberapa acuan angka yang mudah diingat dan berlatih menghafalnya.

Lebih lanjut, kamu bisa mencoba menambahkan beberapa acuan angka lainnya. Misalnya, angka 9 selalu dikalikan dengan angka 9 hasilnya 81, angka 5 selalu dikalikan dengan angka 5 hasilnya 25, dan seterusnya.

Untuk mempermudah mengingat acuan angka tersebut, kamu bisa menggunakan cara visualisasi. Misalnya, bayangkan angka 9 seperti sebuah bola basket, angka 5 seperti sebuah lima jari tangan, dan seterusnya. Visualisasi ini akan membantu mengingat acuan angka dan mempermudah proses belajar menghafal perkalian.

Dengan berlatih menggunakan acuan angka, kamu bisa belajar menghafal perkalian dengan lebih mudah dan cepat. Jangan lupa untuk berlatih secara rutin agar hasilnya maksimal.

C. Menggabungkan Dengan Metode Lain

Ketiga, kamu bisa menggabungkan teknik menghafal perkalian dengan metode lain seperti belajar melalui lagu atau permainan. Cara ini akan membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan membantu mengingat perkalian dengan mudah.

Sebagai contoh, kamu bisa belajar menghafal perkalian dengan menyanyikan lagu yang berisi tabel perkalian. Atau, kamu bisa membuat permainan board game yang berisi soal-soal perkalian.

Dengan menggabungkan teknik menghafal perkalian dengan metode lain, kamu bisa belajar menghafal perkalian dengan lebih mudah dan menyenangkan. Kamu bisa memilih metode yang paling sesuai dengan gaya belajar kamu dan berlatih secara rutin agar hasilnya maksimal. Jangan lupa untuk mengombinasikan dengan teknik-teknik lain yang sudah kamu pelajari, seperti menggunakan acuan angka atau membiasakan diri dengan tabligh perkalian.

D. Latihan dan Pemahaman yang Berkala

Terakhir, latihan dan pemahaman yang berkala sangat penting untuk menghafal perkalian. Kamu bisa berlatih setiap hari dengan mengerjakan soal-soal perkalian dan mengevaluasi hasil belajar.

Artikel Terkait:
Contoh Soal Persamaan Kuadrat Dengan Rumus ABC

Sebagai contoh, setiap hari kamu bisa mengerjakan 10 soal perkalian yang berbeda. Setelah itu, evaluasi hasil belajar dengan mengecek apakah kamu sudah bisa menjawab semua soal dengan benar atau belum. Jika masih ada yang salah, coba pelajari ulang teknik-teknik menghafal perkalian dan berlatih lagi hingga kamu bisa menjawab semua soal dengan benar.

Dengan latihan dan pemahaman yang berkala, kamu akan semakin terbiasa dan mudah menghafal perkalian. Ingatlah bahwa kunci dari menghafal adalah latihan yang rutin dan dilakukan secara berkala. Jadi, jangan pernah berhenti berlatih dan terus belajar hingga kamu bisa menghafal semua tabel perkalian dengan mudah dan cepat.

II. Strategi Menghafal Angka

Strategi Menghafal Angka adalah serangkaian metode atau cara yang digunakan untuk membantu seseorang dalam mengingat angka-angka dengan lebih baik dan mudah.

Strategi ini bertujuan untuk mempermudah proses belajar dan memperkuat pemahaman sehingga seseorang dapat menghafal angka dengan cepat dan mudah.

Strategi ini bisa berupa menggunakan acuan angka, visualisasi, latihan dan pemahaman yang berkala, serta berbagai metode lain yang membantu meningkatkan kemampuan menghafal angka.

Untuk pemahaman lebih luas, kamu bisa membaca penjelasan strategi berikut ini menggunakan metode tersebut untuk belajar perkalian di luar kepala dengan cepat:

A. Fokus Pada Angka Kunci

Pertama, fokuslah pada angka kunci yang sering muncul dalam perkalian. Misalnya, angka 2, 5, dan 10. Latihlah menghafal perkalian angka kunci tersebut.

Sebagai contoh, kamu bisa berlatih menghafal perkalian 2 dengan angka 1 hingga 10. Setelah itu, lanjutkan dengan perkalian 5 dan 10 dengan angka 1 hingga 10. Kamu bisa berlatih setiap hari hingga benar-benar hafal semua perkalian angka kunci tersebut.

Dengan fokus pada angka kunci, kamu akan mempermudah proses menghafal perkalian. Angka kunci sering muncul dalam perkalian sehingga dengan hafal angka kunci, kamu akan lebih mudah menghafal perkalian lainnya. Jangan lupa untuk berlatih secara rutin dan berkala agar hasil belajar kamu maksimal.

Artikel Terkait:
Tata Cara dan Doa Niat Mandi Junub Wanita Menurut Islam

B. Menggunakan Imagination dan Visualisasi

Kedua, gunakan imagination dan visualisasi untuk menghafal perkalian. Misalnya, bayangkan angka yang akan dikalikan seperti buah-buahan atau hewan. Visualisasi ini akan membantu mengingat perkalian dengan mudah dan cepat. Kamu juga bisa menggabungkan visualisasi dengan acuan angka untuk mempermudah mengingat perkalian.

C. Berlatih Mengerjakan Soal Secara Visual

Ketiga, berlatihlah mengerjakan soal secara visual. Misalnya, coba untuk membayangkan bagaimana perkalian tersebut terlihat dalam bentuk tabel atau diagram. Latihan ini akan membantu mempermudah pemahaman dan mengingat perkalian.

Contoh: Bayangkan sebuah meja yang berisi 10 buah apel. Kemudian kamu ingin mengetahui berapa jumlah apel jika ada 5 meja seperti itu. Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan visualisasi dan acuan angka, yaitu dengan membayangkan 5 meja yang masing-masing berisi 10 buah apel. Maka, hasil perkalian adalah 10 x 5 = 50 buah apel. Dengan cara ini, kamu akan mudah mengingat perkalian 10 x 5 dan hasilnya adalah 50.

D. Berlatih Mengerjakan Soal dengan Cepat

Terakhir, berlatihlah mengerjakan soal dengan cepat. Latihan ini akan membantu memperkuat pemahaman dan meningkatkan kecepatan menghafal perkalian.

Misalnya, kamu bisa mengambil sejumlah soal perkalian dan mengerjakannya dalam waktu tertentu, misalnya dalam 1 menit. Setelah itu, periksalah jawaban dan evaluasi hasil latihanmu. Ulangi latihan ini setiap hari atau setiap minggu hingga kamu bisa mengerjakan soal dengan cepat dan tepat.

Penutup:

Itulah beberapa cara dan strategi untuk menghafal perkalian di luar kepala. Ingatlah bahwa latihan dan pemahaman yang berkala sangat penting untuk mencapai hasil yang maksimal. Jangan takut untuk bereksperimen dengan teknik dan strategi yang berbeda-beda sampai kamu menemukan cara belajar yang paling efektif dan menyenangkan. Semangat belajar!